gdagas

SEJARAH HARDDISK

Harddisk pertama kali dibuat oleh insinyur IBM yang bernama Reynold Johnson pada tahun 1956. Hard Disk pertama yang dibuat tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Hard Disk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

Pada tahun 1955-an, Johnson dan timnya mempresentasikan hard drive pertama yang pernah dibuat IBM. RAMAC (Random Access Metode Accounting Control) berukuran  sangat besar, yang berbobot satu ton, tetapi memenuhi spesifikasi asli IBM dengan waktu akses ke setiap file rata-rata sekitar satu detik. Alat tersebut mampu menyimpan 5Mb  data dan berukuran 50 x 24 Inch disk magnet berputar 1200 RPM pada satu poros, dengan fungsi read daan write. Pada 1956, IBM memperkenalkan hard disk komersial  pertama dengan nama RAMAC 350 yang dibeli oleh Crown Zellerbach dan hari ini semua disk drive dalam pembuatannya berdasarkan konsep basic Johnson Johnson memperoleh 90 hak paten selama berkarir di IBM. Dia juga bekerja untuk Sony dalam menciptakan sistem proses penyimpanan video pada video tape yang  menggunakan setengah lebar pita video normal ini merupakan cikal bakal VCR. Dia juga mendapatkan penghargaan National Medal of Science dari Presiden Reagen tahun 1986. Pada 1992 IEEE juga memberikan penghargaan Advancement of Information Storage Technology.

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

 

PENGERTIAN HARDISK

Harddisk adalah suatu device (komponen) pada komputer yang merupakan piranti penyimpanan sekunder, dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan logam yang disebut platter yang berputar secara terintegrasi. Fungsi harddisk yaitu utamanya sebagai media penyimpanan pada komputer atau storage data secara permanen.

Harddisk menyimpan berbagai macam informasi, salah satunya informasi mengenai perangkat keras (hardware) yang ada di dalam PC (personal computer) tersebut, lalu Sistem Operasi Komputer itu sendiri. Harddisk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja dari suatu PC. Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat juga transfer yang akan dihasilkan.

 

Kalau teman teman mendapatkan masalah seperti File Hilang, Terhapus harddisk rusak, terformat , partisi rusak, kena Bad sector, Harddisk Mati kalian bisa langsung kunjungi linknya ke http://www.bengkelharddisk.com/ atau http://www.dokterharddisk.com/

 

Alamat : Jl. Surya 2 No.1 Perum Masnaga , Taman Galaksi , Bekasi Selatan
Call 021.82427174 – SMS/WA 081584444900 Line/Skype/Telegram: DokterHarddisk

 

DIBUAT OLEH : FITRIA ARYANI FATHONAH